Pages

Sabtu, 31 Maret 2018

ANGGARAN PENJUALAN

Hari ini, saya akan memberikan sedikit informasi tentang materi "Anggaran Penjualan"
Selamat menyimak....

ANGGARAN PENJUALAN

Sebenarnya banyak sekali definisi tentang Anggaran Penjualan, dari semua definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa :
Anggaran Penjualan merupakan dasar penyusunan anggaran lainnya dan umumnya disusun terlebih dahulu sebelum menyusun anggaran lainnya (Anggaran Kunci). 

MANFAAT :
  1. Untuk mengurangi ketidakpastian tentang pendapatan dimasa datang
  2. Untuk memasukkan kebijakan dan keputusan manajemen ke dalam proses perencanaan 
  3. Untuk memberikan informasi penting berisi pembentukan elemen lain dari rencana laba yang menyeluruh
  4. Untuk memudahkan pengendalian manajemen atas kegiatan penjualan yang dilakukan 
TUJUAN 
"Untuk merencanakan setepat mungkin tingkat penjualan pada periode yang akan datang dengan memperhatikan data yang merupakan pencerminan kejadian yang dialami perusahaan di masa lalu, khususnya di bidang penjualan".

KEGUNAAN 
"Sebagai pedoman kerja, alat koordinasi dan pengawasan kerja serta sebagai dasar bagi penyusunan budget-budget lainnya". 

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ANGGARAN PENJUALAN : 
  1. FAKTOR INTERNAL
    • Penjualan tahun-tahun yang lalu
    • Kebijakan perusahaan yang berhubungan dengan masalah penjualan
    • Kapasitas produksi yang dimiliki serta kemungkinan perluasannya
    • Tenaga kerja yang tersedia baik jumlah maupun keahliannya
    • Modal kerja yang dimiliki perusahaan
    • fasilitas lain yang menunjang
  2. FAKTOR EKSTERNAL 
    • Keadaan persaingan di pasar
    • Posisi perusahaan dalam persaingan
    • Tingkat pertumbuhan penduduk
    • Elastisitas permintaan terhadap harga barang yang dihasilkan
    • Kebijakan-kebijakan pemerintah yang berpengaruh
PERIODE ANGGARAN PENJUALAN :
  1. Anggaran Penjualan Jangka Panjang (Strategi Sales Plan)
  2. Anggaran Penjualan Jangka Pendek (Tactical Sales Plan)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar